c1naber-c.one. Diberdayakan oleh Blogger.
 
22 Juli 2012

Mengurangi resiko kelelahan mata akibat komputer

0 komentar


Eye on e-reader displays: straining for
an answer.
Jika anda menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya didepan komputer, dan pernah mengalami gejala seperti: mata panas, bahu sakit, pandangan kabur, kepala berdenyut, kamu mungkin mengalami masalah yang dikenal sebagai kelelahan mata (eyestrain).

Istilah kedokteran menyebutnya sebagai sindrom penglihatan komputer (Computer Vision Syndrome), terjadi akibat keterang-an lampu monitor, dan karena menatap monitor dalam waktu yang lama.

Senam mata biasanya dapat sedikit membantu untuk mengurangi dampak dari kelelahan mata ini.
Tetapi berikut ini ada 5 tips lain:

 

 1. Atur Posisi Monitor Anda

Perubahan simpel terhadap pengaturan monitor anda dapat sangat berpengaruh dalam mengatasi kelelahan mata anda. Untuk kenyamanan yang optimal, monitor anda sebaiknya berjarak 20-30 inci dari mata anda. Selain itu, bagian atas monitor sebaiknya sejajar dengan mata anda, karena anda harus memandang kebawah pada saat bekerja, bukan keatas


2. Atur Pencahayaan

Settingan cahaya ruangan atau cahaya alami yang terlalu terang dapat membuat monitor menjadi silau yang mempercepat terjadinya kelelahan mata. jadi, jika anda bisa, matikan lampu yang terlalu terang dan ubah posisi monitor anda sehingga sumber cahay natural datang dari sisi lain dari monitor anda. Cahaya seharusnya tidak diarahkan secara langsung ke arah depan atau belakang monitor anda.
Sebaliknya, gunakan lampu lantai atau meja dan posisikan pada arah lain dari monitor anda, jadi akan menghasilkan cahaya secara tidak langsung terhadap monitor anda.

3. Gunakan aturan 20-20-20

Setiap 20 menit, cari benda yang jaraknya 20 kaki dari anda, dan tataplah selama 20 detik, ini untuk melatih anda, dan mengistirahatkan mata anda dari cahaya monitor.

Anda dapat menggunakan aplikasi BreakTaker untuk Windows, atau Time Out untuk Mac untuk membantu mengingatkan anda.

4. Coba gunakan kaca mata anti Radiasi

Cahaya buatan yang dikombinasikan dengan cahaya alami dan cahaya monitor anda membuat mata anda menjadi tegang. salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan kaca mata anti radiasi.

Kaca mata khusus ini, kebanyakan ditujukan untuk pemain game, berwarna kuning untuk mengimbangi cahaya biru lembut dari monitor anda, kaca mata ini juga dapat memperbesar sedikit penglihatan yang membuat pembacaan tulisan lebih mudah (bahkan bagi mereka yang tidak biasa menggunakan kaca mata membaca).

Kaca mata ini memang cukup mahal, tetapi dapat memberikan manfaat.

5. Set benda agar ramah untuk mata

Ketika alat" dan bahan" yang anda gunakan pada saat bekerja dengan komputer yang berada dimeja dengan jarak yang berbeda", anda memaksa mata anda untuk menyesuaikan terhadap jarak yang berbeda" tersebut. 
Untuk menghindari masalah ini, aturlah keyboard di depan monitor, dan aturlah letak bahan bacaan anda saling berdekatan dengan menggunakan penahan kertas.


sumber : cnet.com by Sharon Vaknin

Leave a Reply

 
C1naber Blog © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

c1naber